Badan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batang / Berita / Sosialisasi Pendidikan Politik Kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan Batang

Berita

Sosialisasi Pendidikan Politik Kepada Masyarakat di Wilayah Kecamatan Batang

Pendidikan politik, proses pembelajaran dan pemahaman bagi masyarakat

Pendidikan politik memberikan seseorang pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai persoalan politik termasuk pengakuan dan penghargaan terhadap keragaman nilai sosial politik yang dianut seseorang dan kelompok (komunitas). Penting untuk memahami pendidikan politik secara substantif agar pesta demokrasi tidak hanya sekedar ajang nan riuh dan hura-hura tak bermakna. 

Sesuai dengan salah satu tugas Badan Kesbangpol dalam melaksanakan pendidikan politik  bagi masyarakat, pada hari ini Jumat 13/3, dilaksanakan sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat di Aula Kantor Bupati Batang. Hadir sebagai narasumber penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Batang, Ibu Dra. Lani Dwi Rejeki, MM, Wakapolres Batang, Bapak AKP Hartono, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Batang, Bapak Danang Aji Saputra, ST, Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Batang, Bapak Karmubid, SH serta Bapak Akhmad Handy Hakim, S.Sos selaku Plt Kepala Badan Kesbangpol Kab. Batang. Acara dimoderatori Bapak Daryono SH, MM, Kabid Poldagri dan Ormas Badan Kesbangpol Kabupaten Batang.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya menyatukan pemahaman masyarakat dalam rangka menjalankan proses politik dalam berdemokrasi harus tetap memperhatikan norma-norma atau kaidah yang ada, beretika dan santun, serta tetap berpegang teguh pada falsafah dan kepribadian bangsa. Sehingga terwujud suatu proses demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan dasar negara, Pancasila.

Acara sosialisasi ini diikuti tidak kurang dari seratus orang peserta yang dengan latar belakang profesi yang beragam. Kegiatan pendidikan politik ini dilaksanakan tidak hanya untuk masyarakat Kecamatan Batang saja, tetapi juga di kecamatan-kecamatan lainnya untuk pemerataan informasi.